AIR TERJUN TERTINGGI DI DUNIA

Jumat, 08 April 2011
Salto Angel, Air Terjun Tertinggi di Dunia



Air Terjun Salto Angel atau “Angel Falls” terletak di Taman Nasional Canaima, dataran tinggi Guayana, salah satu dari lima daerah di Venezuela. Air yang berasal dari sungai Churum jatuh bebas dari ketinggian 979 meter, dari tepi gunung “Auyantepuy”. Air terjun Angel memiliki ketinggian 15 kali lebih tinggi dari Air Terjun Niagara.

Meskipun pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, air terjun ini tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika, James Crawford Angel yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas pada tahun 1933.

Pada tahun 1937, James Angel bersama isteri dan temannya Gustavo Henry Gardener kembali ke Air Terjun Angel dan melakukan pendaratan darurat diatas gunung Auyantepuy. Jimmy Angel dan tiga rekannya berhasil turun dari Tepuy dan kembali ke peradaban setelah berjalan melalui hutan selama 11 hari.

Pesawat yang di pergunakannya di tinggalkan di gunung Auyantepuy selama 33 tahun sebelum di turunkan dengan helikopter dan sekarang pesawat ini dapat di lihat di Museum Penerbangan di Maracay. Untuk mengenang penemunya, air terjun ini kemudian di namakan “Air Terjun Angel”, sedangkan suku Indian Pemon menyebut air terjun ini sebagai “Auyan-tepui” (“Aiyan-tepui”) yang berarti “Gunung Setan”.

Taman Nasional Canaima terletak di barat daya Venezuela, sebelah selatan Sungai Orinoco di kotamadya Gran Sabana, Negara bagian Bolivar. Dinyatakan sebagai taman nasional pada tanggal 12 Juni 1962 oleh Eksekutif Nasional, dalam rangka melindungi dan melestarikan keasliannya untuk seluruh dunia.

Taman ini memiliki luas 3 juta hektar, menjadikannya kawasan lindung terbesar kedua Venezuuela dan keenam di dunia serta dibagi menjadi dua bagian: Barat dan Timur.

Bagian barat disebut Canaima dan dapat dicapai dengan penerbangan dari Caracas, Margarita, Puerto Ordaz, Ciudad Bolivar dan Santa Elena. Kita dapat menikmati tempat yang istimewa ini dengan air terjun tertinggi di dunia, Air Terjun Angel yang menakjubkan.

Di timur ada Gran Sabana, yang dapat dicapai melalui pesawat udara atau darat. Dengan pesawat udara yang Anda menuju Puerto Ordaz dan Santa Elena de Uairen, desa terakhir di Venezuela selatan, hanya 20 menit dari perbatasan dengan Brazil.

Sumber: http://www.salto-angel.com/

0 komentar:

Posting Komentar